Naik Mobil Omprengan, Tak Pernah Nyalip dan Disalip
Berkelana ke Dandong, ’’Merauke”-nya Tiongkok di Perbatasan Korea Utara (1)
Jaringan jalan tol di Tiongkok sudah meluas sampai ke pelosok.
Bahkan, untuk menuju ke kota di ujung timur yang berbatasan dengan Korea
Utara, perjalanan darat lewat jalan bebas hambatan pun terasa nyaman.
Saya baru saja ke ’’Merauke”-nya Tiongkok. Yakni ke kota Dandong, ibu
kota kabupaten yang berada di perbatasan dengan Korea Utara. Saya sudah
pergi ke lima kota di Papua, tapi belum pernah ke Merauke. Jadi, tidak
bisa membandingkan antara Dandong dan kota paling timur Indonesia itu.
Dandong (baca: Tantong) memang punya lapangan terbang yang bisa
didarati pesawat Boeing 757 sekalipun. Namun, penerbangan ke sana amat
terbatas. Hanya ada dari Beijing atau Shanghai. Karena itu, saya
putuskan ke Dandong dengan cara terbang dulu ke kota Dalian. Dari sini
bisa jalan darat sejauh 300 km ke arah timur laut.
Semula saya berniat naik kereta api. Ternyata sudah tidak sempat.
Lalu akan naik bus, ternyata juga sudah terlambat. Di Dalian, stasiun
kereta dan terminal busnya memang di satu kawasan sehingga ke mana-mana
lebih gampang. Lokasi ini juga menarik karena berada di kawasan bisnis
yang penuh bangunan pencakar langit. Mal bertebaran di sekelilingnya.
Termasuk mal bawah kota. Mal ini bukan hanya besar, tapi juga sampai
empat lantai ke bawah tanah.
Tentu saya tidak ingin jalan-jalan di mal. Saya ingin ke Dandong.
Seorang wanita menawari saya mobil omprengan. Taksi gelap jurusan
Dandong. Mobilnya, sebuah sedan Buick isi tujuh orang. Saya lihat
mobilnya cukup nyaman. Saya bisa ’’menguasai” tiga kursi yang di tengah
agar di perjalanan bisa tidur. Tentu saya harus membayar untuk tiga
kursi itu.
Maka, saat itu juga bisa berangkat. Tidak perlu menunggu jumlah
penumpang sampai harus tujuh orang. Saya juga tidak perlu lagi bermalam
di Dalian. Apalagi waktu memang tidak cukup. Dokter hanya memberi saya
istirahat Sabtu dan Minggu. Dan lagi, meski kota Dalian amat modern dan
indah, saya sudah beberapa kali ke sini. Saya memang selalu heran,
bagaimana Dalian yang hanya kotamadya (ibu kota provinsi pun bukan), kok
begitu hebat. Tapi, saya mau ke Dandong. Mau ke perbatasan Tiongkok
dengan Korea Utara.
Maka, berbekal map, apel, air putih, dan roti, saya meninggalkan
Dalian. Saya sengaja tidak bawa tas. Memberati saja. Toh, harga baju di
Tiongkok murah sekali. Untuk ganti pakaian, beli saja di Dandong. Toh,
ini musim panas yang tidak perlu bawa jaket atau pakaian tebal. Kalau
saja ke Dandong di musim dingin, berlapis-lapis baju harus dipakai.
Suhunya bisa minus 15 derajat.
Meski sore itu saya harus menempuh jarak 300 km, tidak terasa terlalu
lelah. Keluar dari kota Dalian bisa langsung masuk jalan tol sampai
menjelang kota Dandong. Inilah jalan tol yang baru selesai dibangun dua
tahun lalu. Kini, provinsi ini saja (Provinsi Liaoning), sudah punya
jalan tol sepanjang sekitar 2.000 km!
Jalan tol Dalian–Dandong ini juga sepi. Begitu sepinya sehingga mobil
omprengan ini pun tidak pernah menyalip dan tidak pernah disalip. Kalau
ketika membangunnya pemerintah mempertimbangkan aspek komersial,
keputusannya pasti jangan dibangun dulu. Tunggu lalu lintasnya ramai
dulu. Tunggu agak macet dulu. Tetapi, Tiongkok selalu membangun jalan
tol dengan pertimbangan ’’justru sebelum macet” . Juga, untuk
kepentingan jangka panjang. Dan yang selalu didengung-dengungkan
pemerintah, jalan tol itu untuk membuka wilayah agar kawasan pertanian
di pedalaman punya akses ekonomi yang cepat ke pusat-pusat pertumbuhan
ekonomi di perkotaan.
Saya lihat, sopir omprengan ini tidak ugal-ugalan. Dia memacu
Buick-nya 120 km/jam secara konstan. Tidak pernah menambah gas dan tidak
pernah mengerem. Jadi, saya bisa tidur nyenyak. Apalagi penumpang di
depan dan belakang saya adalah orang Korea yang tidak bisa berbahasa
Inggris. Juga tidak bisa berbahasa Mandarin. Jadi, tidak gaduh. Mereka
asyik nonton film Korea di laptop masing-masing. Hanya sesekali, kalau
lagi terbangun, saya bicara dengan sopir sekadar bertanya masih berapa
jam lagi baru tiba di Dandong. Lalu tidur lagi.
Setelah lelap satu jam, saya tidak bisa lagi memejamkan mata. Maka,
saya banyak bicara dengan sopir. Saya takut dia mengantuk. Bayangkan,
nyopir 3,5 jam dengan kecepatan tetap dan dengan jalan mulus yang sepi,
saya khawatir dia jenuh. Ketika dia minta izin merokok pun, saya
membolehkan asal jendelanya dibuka sedikit. Asap rokoknya mungkin memang
bisa membuat saya mati pelan-pelan karena kanker, tapi ngantuknya bisa
membuat saya mati mendadak di tengah jalan. Dia tertawa mendengar gurau
saya itu. ’’Betul. Betul,” katanya. Lalu, dia mulai merokok.
Sepanjang jalan saya jarang melihat perkampungan. Lebih banyak gunung
atau sawah. Atau ladang dengan sistem pertanian tertutup. Lalu, saya
ingat cerita teman saya yang belum lama ini saya undang ke Tiongkok. Dia
wartawan senior. Pernah beberapa kali ke luar negeri, tapi belum pernah
ke Tiongkok. Saya juga minta dia naik bus dari kota Yantai ke Qingdao
di Provinsi Shandong. Juga sekitar 300 km. Bukan untuk menghemat,
melainkan agar bisa merasakan betapa enaknya kalau punya jaringan jalan
tol.
Dia bercerita, sebelum berangkat ke Tiongkok sudah siap mental untuk
melihat manusia yang berjubel di semua wilayah daratnya. Ini karena
pikirannya penuh asumsi bahwa Tiongkok, dengan penduduk 1,3 miliar,
pasti penuh sesak di mana-mana. ’’Sangkaan saya meleset,” katanya.
Sepanjang jalan tol dia hanya lebih banyak melihat persawahan atau
perladangan.
Memang, Tiongkok berpenduduk 1,3 miliar. Bahkan, mungkin lebih. Ini
sama dengan lima kali penduduk Indonesia. Tapi, daratannya juga amat
luas. Bisa lebih dari 10 kali lipat Indonesia. Bukankah kebanyakan
wilayah Indonesia adalah laut?
Kalau dilihat sekilas, Pulau Jawa lebih padat daripada Tiongkok. Di
Jawa, sepanjang jalan raya, kini kita lihat perumahan yang
sambung-menyambung. Kekhawatiran bahwa Jawa akan jadi ’’pulau kota” bisa
segera jadi kenyataan. Lengkap dengan segala keruwetan dan
kesulitannya. Terutama kalau kebijaksanaan perumahan yang ’’haus tanah”
tidak segera diubah menjadi perumahan vertikal.
Lihat saja kota Dandong yang saya anggap ’’Merauke”-nya Indonesia
ini. Begitu mendekati kota ini, saya langsung melihat banyaknya bangunan
tinggi menjulang ke langit. Di kota yang begitu terpencil dan di
daratan yang begitu luas, perumahan dibangun dengan sistem vertikal.
Memang masih ada rumah-rumah lama yang tunggal dan kumuh, tapi perumahan
yang baru, semuanya dibangun ke atas. Antara delapan sampai 20 tingkat.
Dengan sistem perumahan vertikal, pemerintah lebih mudah menyediakan
kebutuhan pokok penduduknya. Mudah memasok air minum, gas, listrik,
telepon, internet, dan TV kabel. Maka, meski di Dandong, sarana modern
seperti itu lengkap dan mudah. Menyediakan balai kesehatan, sekolah, dan
transportasi pun lebih gampang. Juga lebih murah. Termasuk lebih murah
bagi penduduk itu sendiri.
Bandingkan dengan sistem perumahan yang ’’melebar”. Penghuninya harus
kerja dan sekolah di kota dengan biaya transportasi yang mahal. Bahkan,
ada yang lebih dari separo gajinya habis untuk transportasi. Padahal,
mestinya bisa untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Konsep
perumahan vertikal, intinya adalah: jangan gusur rakyat dari dalam kota
ke luar kota yang berakibat rakyat terpinggirkan segala-galanya.
Tiba di Dandong, sambil membayar tiga kursi @ 100 RMB (sekitar
125.000), saya masih bertanya kepada sopir. Mengapa jalan tol tadi
begitu sepi?
Ternyata sebagian besar mobil masih lewat jalan umum. ’’Kualitas
jalan lama juga bagus sekali. Lebar dan rata,” katanya. Untuk perjalanan
Dalian–Dandong yang hanya lebih lambat satu jam, mereka memilih jalan
lama daripada bayar tol 90 RMB sekitar Rp 115.000. Saya tak sabar segera
ingin lihat perbatasan Korea Utara. Petang itu juga. (*)
No comments:
Post a Comment